Siantar Sehat, Sejahtera dan Berkualitas

Tugas dan Fungsi

Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah merupakan unsur pelayanan terhadap DPRD. Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dipimpin oleh seorang Sekretaris yang bertanggung jawab kepada Pimpinan DPRD dan secara administratif dibina oleh Sekretaris Daerah.

TUGAS

  1. Penyelenggaraan administrasi kesekretariatan DPRD
  2. Penyelenggaraan pelaksaan perjalanan dinas/ kunjungan kerja DPRD
  3. Penyelenggaraan rapat / persidangan para Pimpinan dan Anggota DPRD
  4. Penyusunan rencana, menelaah dan menyiapkan koordinasi perumusan kebijakan terhadap rancangan peraturan daerah dan kebijakan Pimpinan DPRD
  5. Penyelenggaraan administrasi keuangan DPRD dan
  6. Penyediaan dan pengkoordinasian Tenaga Ahli dan Tim Ahli yang diperlukan oleh DPRD

fungsi

  1. Mengatur dan membina kerjasama, mengintegrasikan dan mensinkronisasikan seluruh penyelenggaraan tugas dan fungsi sektretariat DPRD
  2. Merencanakan dalam arti menyiapkan rencana, mengolah, menelaah dan mengkoordinasikan perumusan kebijakan Pimpinan DPRD
  3. Merencanakan dalam arti menyiapkan rencana, mengolah, menelaah dan mengkoordinasikan perumusan kebijakan Pimpinan DPRD
  4. Memimpin, membina dan mengkoordinasikan serta mengendalikan penyelenggaraan kesekretariatan yang meliputi administrasi umum dan keuangan
  5. Menyelenggarakan persidangan dan penyusunan rapat-rapat serta perundangan-undangan
  6. Memelihara dan membina ketertiban serta keamanan di lingkungan Sekretariat DPRD.
  7. Menyelia dan mendatangani nota dinas dan telaahan staf yang akan disampaikan kepada Walikota dan Pimpinan DPRD
  8. Menyelia dan memaraf naskah surat yang akan ditandatangani Ketua DPRD
  9. Membuat anggaran DPRD dan Sektretarat DPRD dan
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Pimpinan DPRD